BABAK PENYISIHAN OLIMPIADE SAINS KUARK (OSK) 2018

Olimpiade Sain Kuark (OSK) adalah olimpiade sains bergengsi dan terbesar untuk tingkat SD/MI yang terbuka bagi semua siswa/i dan dilaksanakan secara serentak Nasional, olimpiade ini telah diselenggarakan sejak tahun 2007. OSK telah menjadi sarana pembinaan siswa di banyak sekolah untuk mengikuti berbagai kompetisis nasional dan internasional, baik di bidang sains, maupun bidang lainnya.

Tahun ini untuk ke sekian kalinya, SDIT At Taqwa kembali bersinergi bersama PT. Kuark Internasianal sebagai tuan rumah atas diselenggarakannya babak penyisihan OSK 2018 pada hari Sabtu 24 Februari 2018. Total jumlah peserta OSK pada babak ini adalah 425 siswa yang terdiri dari berbagai sekolah di Surabaya, sedangkan dari SDIT At Taqwa sendiri menempati 138 kuota peserta. Peserta OSK tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya SDIT At Taqwa hanya menyediakan 16 ruangan, dan di tahun ini SDIT At Taqwa menyediakan 17 ruangan untuk peserta OSK.

Semua peserta terlihat sangat antusias dan penuh optimis, mereka berharap bisa lolos ke babak selanjutnya. Dalam waktu 90 menit mereka bersaing menaklukkan soal-soal sains yang telah disiapkan oleh panitia OSK, mereka mendapatkan soal-soal yang telah disesuaikan berdasarkan level mereka. Level I adalah untuk peserta jenjang kelas 1 dan 2, level II adalah untuk peserta jenjang kelas 3 dan 4, dan level III adalah untuk peserta jenjang kelas 5 dan 6.

Sebenarnya gelar juara bukan tujuan utama dari Olimpiade Sains Kuark, melainkan nilai-nilai karakter yang didapatkan selama mengikuti OSK. Yaitu membentuk pola pikir kritis, sistematis dan analitis melalui model soal high order thinking skill, serta membangun nilai pembelajaran seumur hidup, tekun, dan pantang menyerah. Dari tujuan itulah SDIT At Taqwa bersama OSK ingin membantu anak-anak Indonesia untuk tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, cinta tanah air, dan mau berkontribusi bagi kemajuan bangsa ini.

by: Rinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *