Belajar Tematik di Museum Bank Indonesia dan Kebun Binatang Surabaya

Aktivitas pembelajaran Kelas 2 SD Islam Terpadu At Taqwa yang dikemas melalui kegiatan Outdoor Learning dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2018. Kali ini, siswa dan guru kelas II mengunjungi adalah Museum Bank Indonesia dan Kebun Binatang Surabaya. Dipilihnya dua lokasi tersebut karena sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah dipelajari.
Pada pukul 06.00 WIB, siswa kelas II sudah banyak yang berkumpul di halaman sekolah untuk persiapan pemberangkatan. Lokasi pertama yang dituju adalah Museum Bank Indonesia. Meseum yang beralamat di ‎Jl Garuda No. 1, Surabaya ini menyimpan banyak hal yang berkaitan dengan sejarah keuangan Indonesia. Beberapa contohnya adalah perkembangan uang dari zaman penjajahan, mesin pencetak uang, mesin penghancur uang, dan masih banyak yang lain. Siswa-siswi mendapat banyak pengetahuan tentang perkembangan uang melalui tour di lingkungan museum tersebut.
Setelah selama 2 jam berada di Museum Bank Indonesia, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kebun Binatang Surabaya. DI KBS, siswa dapat mendengarkan penjelasan mengenai hewan-hewan yang jarang ditemui di lingkungan sekitar. Tampak keceriaan dari siswa-siswi saat melihat hewan-hewan yang ada di KBS.
ALLAH SWT berfirman dalam QS. Luqman: 20
Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan (kepentingan)-mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa kitab yang memberi penerangan.
Berdasarkan ayat di atas Allah SWT telah menjadikan sumber daya alam dan lingkungan sebagai daya dukung lingkungan bagi kehidupan manusia secara optimum. Maka dari itu, SDIT At Taqwa sejak dini mengenalkan sumber daya alam dan lingkungan kepada siswa kelas II untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan dengan bijaksana.
SAM_1826 SAM_1829 SAM_1866 SAM_1871 SAM_1877 SAM_1878 SAM_1880 SAM_1888 SAM_1890 SAM_1897

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *