Belajar Sekaligus Refreshing

Judul di atas sangat cocok menggambarkan aktivitas yang telah dilewati oleh siswa-siswi kelas 3 SD Islam Terpadu At Taqwa. Mereka baru saja melaksanakan kegiatan sekolah yang biasa disebut dengan Outdoor Learning (ODL). ODL merupakan kegiatan yang paling ditunggu oleh siswa SDIT At Taqwa. Hal itu dikarenakan mereka bisa belajar sekaligus refreshing dari rutinitas pembelajaran di kelas.

Outdoor Learning kelas 3 kali ini bertema “Industri”. Dengan tema tersebut, guru-guru kelas 3 yang juga merupakan panitia kegiatan ODL memilih PT Amerta Indah Otsuka untuk dijadikan objek tujuan ODL. Perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memproduksi salah satu minuman penambah ion tubuh yang cukup dikenal oleh masyarakat. Ya, apalagi kalau bukan Pocari Sweat. Perusahaan yang berlokasi di Kecamatan Kejayan Pasuruan itu sangat “welcome” dikunjungi oleh siswa-siswi yang ingin tahun proses pembuatan produknya.

Berangkat pada hari Rabu, 29 Maret 2017 pukul 07.00 WIB, 3 dari 5 kelas III sangat tidak sabar untuk segera sampai di tujuan. Pada ODL kali ini memang tidak bisa diikuti oleh seluruh  rombongan belajar kelas III yang ada 5 rombongan belajar. Pada hari itu yang berangkat adalah kelas 3A, 3D, dan 3E. sedangkan kelas 3B dan 3C berangkat pada hari Kamis, 30 Maret 2017. Pemisahan tersebut disebabkan dari pihak PT Amerta Indah Otsuka hanya dapat menampung maksimal 100 tamu. Sedangkan jumlah semua siswa kelas 3 dari 3A sampai 3E sebanyak 150 siswa. Oleh karena itu terjadi pemisahan keberangkatan.

Tiba sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan SD At Taqwa disambut dengan ramah oleh pegawai perusahaan tersebut. Siswa dan guru difoto di depan gedung perusahaan sebagai symbol penyambutan tamu oleh perusahaan dan juga sebagai simbolis kenang-kenangan atas kunjungan. Setelah itu, siswa dan guru SD At Taqwa diarahkan menuju ruang penerimaan tamu. Di ruang tersebut, siswa sangat tampak bergembera. Bagaimana tidak, setiap siswa mendapat satu botol produk Pocari Sweat secara Cuma-Cuma alias gratis. Sebotol sudah cukup menghilangkan dahaga saat perjalanan dari Surabaya ke Pasuruan.

Selanjutnya, rombongan SD At Taqwa diarahkan menuju di Auditorium perusahaan untuk mendengarkan sejarah perusahaan dan proses produksi produk Pocari Sweat. Sekitar 30 menit mendengarkan penjelasan dari pegawai perusahaan, siswa dan guru diajak berkeliling melihat sudut perusahaan yang digunakan untuk memproduksi Pocari Sweat. Siswa kelas III merasa kagum karena proses produksinya sangat bersih dan efektif. Pukul 10.00 WIB, siswa dan guru berpamitan kepada pihak perusahaan karena waktu kunjungan telah selesai.

Setelah dari PT Amerta Indah Otsuka, rombongan SD At Taqwa melanjutkan ke lokasi kedua yaitu Water Park Taman Dayu. Tetapi sebelum sampai ke lokasi tersebut, rombongan singgah terlebih dahulu di Masjid 10 November Pasuruan untuk melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah. Sekaligus melatih siswa agar tetap memperhatikan sholat ketika dalam perjalanan.

Sekitar pukul 13.00 WIB, rombongan tiba di WaterPark Taman Dayu. Dengan diiringi suasana gerimis, siswa-siswa menikmati fasilitas Water Park tersebut. Bagi siswa yang bisa berenang diperbolehkan bermain di kolam yang kedalamannya 1,4 meter. Selain itu, maka siswa menikmati kolam yang kedalamannya terjangkau. Setelah menikmati fasilitas sekitar 2 jam, siswa-siswi bersih diri dan bersiap untuk kembali ke Surabaya.

Dalam suasana yang sangat capek, siswa dan guru tertidur pulas di perjalanan. Dan tanpa terasa sudah tiba kembali di sekolah pada pukul 17.00 WIB. Semoga siswa kelas 3 mendapat pengalaman berharga dalam kegiatan Outdoor Learning kali ini.

IMG_0039IMG_0021 IMG_0023 IMG_0030 IMG_0034  IMG_0072 IMG_0078 IMG_0080 IMG_9979IMG_0093 IMG_0151 IMG_0156 IMG_0158 IMG_0174 IMG_0176 IMG_0178 IMG_0179 IMG_0180

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *